Pengertian Jilid Hard Cover

Membeli Mesin Jilid Hard Cover di Telson

Jilid hard cover adalah metode penjilidan sebuah  dokumen dengan menggunakan penutup yang cukup keras. Tidak seperti volume lain yang hanya menggunakan kertas buffalo atau kertas mika, jilid hard cover biasanya ditambahkan dalam bentuk cover dari bahan karton, sehingga covernya dapat menjadi lebih tebal. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dan bisa dengan mudah menggunakan jasa pembuatan Jilid Hard Cover yang ada di fotocopy atau usaha digital printing. Jika anda hendak mencari mesin jilid hard cover, anda bisa membelinya hanya di Telson yang merupakan salah satu produsen dan juga perusahaan mesin digital printing terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai jenis mesin digital printing seperti mesin cetak, mesin offset, mesin laminating, mesin creasing, mesin jilid, mesin potong, mesin hard cover maker, mesin hot print, mesin sablon, mesin press, mesin pemotong kertas, mesin potong kartu nama, mesin mata ayam, mesin rel, mesin lem, mesin glue binding dan masih banyak yang lainnya. Telson juga menjual sparepart dari mesin-mesin tersebut

 

Pengertian Jilid Hard Cover

Dalam jilid hard cover, Karton yang digunakan bukanlah sekedar karton biasa. Ketebalan karton yang digunakan umumnya mencapai 25 ml. Umunya, karton yang digunakan untuk hardcover bahan jilid hard  cover adalah karton yang disebut "karton Jepang." Karton Jepang cokelat muda, dengan serat yang kasar dan juga padat, serta bersifat kaku (tidak bisa dilipat atau digulung). Jika dilihat tampilan sekilas, hampir sama dengan plywood dan juga triplek.
Posisi karton Jepang yang digunakan untuk jilid hardcover berada diantara cover yang sudah dilaminasi dan karton putih (secara umum), sehingga tidak terlihat. Untuk melakukan penjilidan biasanya dibutuhkan minimal tiga potong karton Jepang, yang merupakan lapisan cover depan, cover belakang dan cover sisi. Namun, untuk pembuatan kalender meja atau kalender duduk kantor biasanya digunakan hingga empat buah karton Jepang. Pemasangan karton Jepang biasanya setelah penutup laminasi.

 

 

Laminasi digunakan untuk melindungi cover atau tulisan pada sampul untuk mencegah kerusakan. Jika anda melakukan penutup menggunakan A4 printer / F4, fungsi laminasi akan lebih meningkat. Seperti umumnya volume hard cover menggunakan ukuran kertas A3. Jadi, jika Anda mencetak menggunakan printer kecil maka cover tersebut perlu disatukan. Agar sambungan cover tidak mudah lepas perlu untuk laminasi pada permukaan penutup. bahan lain yang digunakan untuk membuat jild hardcover yaitu, band warna. pita berwarna yang digunakan umumnya senada dengan warna cover yang digunakan atau atribut pada covernya. Pita biasanya digunakan sebagai pembatasan halaman dan menandai sampai di mana buku itu dibaca.

 

 

Bahan lain yang digunakan dalam jilid hard cover  adalah siku-siku emas yang dibuat dari bahan alumunium. Siku-siku ini dipasang di setiap sudut cover, untuk setiap satu dokumen atau buku biasanya menggunakan empat siku. Fungsi siku-siku ini adalah untuk melindungi sudut cover agar tidak rusak dan tidak terbuka. Selain itu, juga digunakan untuk mempercantik hasil jilid hard cover. Dalam pembuatan jilid hardcover tidak dapat menggunakan lem kertas biasa. Umumnya, menggunakan "lem fox" untuk merekatkan jilidan tersebut. Lem fox yang digunakan adalah yang berwarna putih karena lebih mudah diencerkan dan tidak mudah untuk kering. Bagi Anda yang baru mengerjakan jilid hard cover, disarankan menggunakan lem fox putih, karena pengerjaan menggunakan lem fox kuning itu untuk pengerjaan yang cepat dan juga sudah mahir seperti yang ditunjukkan di blog atau video lainnya youtube, kemungkinan besar hasil jilidan anda akan rusak karena dengan menggunakan lem fox kuning akan kering lebih cepat Dan itu hanya saran saja, jika Anda merasa mampu menjilid hard cover dengan cepat, anda bisa menggunakan lem fox kuning.

 

 

Untuk mengoleskan lem juga sebaiknya menggunakan kuas, karena lem akan teroles secara merata di seluruh permukaan karton Jepang. Bila menggunakan kuas lem pada lem fox putih putih, maka tingkat keenceran lem fox yang Anda gunakan harus lebih tinggi, namun dengan risiko yang cover yang anda temple pada karton Jepang akan mengkerut dan sangat pekat. Selain itu, pada periode tertentu, Anda harus secara teratur mengganti kuas yang Anda gunakan.

 

 

Jangan lupa jika anda hendak membeli mesin jilid hard cover, dan juga berbagai mesin digital printing, anda bisa membelinya hanya di Telson yang merupakan distributor mesin digital printing terbesar di Indonesia.